Okay. I have confession to make. Saya tidak pernah memasang tabung gas sendiri seumur hidup saya. *tutup muka malu-malu*

Bukan karena tidak tahu caranya. Saya tahu, kok. Tapi saya cukup paranoid karena khawatir dengan risiko kalau salah pasang tabung gas.

Namun, saya mendapat pencerahan dari acara blogger gathering #KelihatanCerdasnya Bersama Bright Gas di Aston Kuningan, pada Rabu (19/12) lalu. Saya sudah tidak ragu lagi untuk mengganti dan memasang tabung gas lagi di dapur. Tak perlu lagi mengandalkan suami untuk urusan pasang tabung gas.

Acara diisi dengan talkshow yang mendatangkan narasumber dari Mbak Kintan sebagai perwakilan Bright Gas, Pak Sulaiman sebagai salah satu agen Bright Gas, dan Chef Deny Gumilang dari Masterchef Session 4.

Mbak Kintan memberi banyak sekali informasi penting seputar Bright Gas yang saya baru tahu. Informasi ini bikin saya tertarik mencoba masak dengan menggunakan produk Bright Gas.

Katanya, semakin banyak yang beralih ke Bright Gas 5,5kg. Peralihan tersebut merupakan perubahan alami karena masyarakat butuh produk LPG yang tidak cepat habis dikonsumsi, lebih praktis dan memiliki keunggulan safety yakni dilengkapi katup ganda yang mengadopsi teknologi double spindle, sehingga dua kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung.

Sementara Pak Sulaiman mendemonstrasikan cara memasang tabung gas yang benar dan aman. Seneng deh, karena melihat Pak Sulaiman, saya jadi memberanikan diri untuk pasang tabung gas sendiri.

Ada Chef Deny juga yang masak Nasi Gurih Memori untuk mamanya. Chef Deny bilang, di rumah dia memasak dengan menggunakan tabung Bright Gas. Menurut dia, memasak jadi hemat karena penggunaan tabung Bright Gas bisa lebih lama dibandingkan tabung lain.

Saya bagikan di sini, ya, poin-poin penting dan menarik yang saya dapatkan dari narasumber:

KEUNGGULAN BRIGHT GAS

Sebenarnya saya sudah sering mendengar dan melihat produk Bright Gas. Namun dulu belum tertarik menggunakan produk ini. Tadinya berencana untuk menggunakan produk Bright Gas begitu pindah ke apartemen. Ternyata, oleh pemilik unit yang saya tempati, sudah disediakan tabung gas yang berwarna biru.

Bright Gas punya tiga varian:

  • Bright Gas 5,5 kg – ukuran yang cocok untuk keluarga kecil atau keluarga muda yang intensitas memasaknya tidak begitu tinggi. Produk isi ulang Bright Gas varian ini ditawarkan mulai Rp 65.000 per tabung.
  • Bright Gas 12 kg – produk ini memang tergolong mahal karena tidak disubsidi. Tapi kalau kamu sangat suka memasak dan dalam sehari bisa memasak berkali-kali, tabung 12 kg ini bisa jadi pertimbangan. Tabung baru dijual seharga Rp 450.000. Sementara isi ulangnya mulai Rp 141.000 per tabung.
  • Bright Gas Can 220 gr – ini produk untuk kompor portable. Kaleng gas ini ringan dan mudah dibawa. Jadi, kalau butuh masak dengan kompor portable, di luar ruangan saat ada pesta, camping, atau saat darurat, kamu bisa pilih kemasan ini, ya. Harganya terjangkau sekali, mulai Rp 16.500 per kemasan.

Kalau sudah pilih varian yang cocok dengan kebutuhan, ketahui yuk, keunggulan lain dari Bright Gas.

  1. Pengamanan ganda

Tabung Bright Gas dilengkapi dengan sistem katup ganda atau double spindle valve (DVS). Fungsinya mengurangi tekanan gas berlebih. Ketika ada tekanan dalam tabung, sistem ini akan mengunci tekanan tersebut sehingga menghindari terjadinya kecelakaan.

  • Bisa dicek keasliannya

Tiap tabung Bright Gas yang asli dilengkapi dengan hologram dan QR code pada segel. Jadi, customer bisa mengecek secara langsung, apakah produk itu memang asli diproduksi oleh Pertamina atau bukan.

  • Tabung lebih ringan

Ini keunggulan yang penting buat saya karena saya paling malas mengangkat benda berat. Ternyata, tabung 5,5 kg ini masih bisa saya angkat. Oh iya, dalam keadaan kosong, tabung Bright Gas cenderung lebih ringan dibandingkan produk gas lain.

Pemesanan Bright Gas

Banyak agen tabung gas menyediakan produk Bright Gas. Bahkan, Indomaret terdekat pun biasanya pun stok produk-produk Bright Gas. Ini terlihat dari tabung warna pink yang biasanya berjejer di bagian depan Indomaret.

Selain itu, kamu bisa memesan produk Bright Gas dengan menghubungi call centre 135. Petugas call centre akan mengarahkan agen terdekat lokasi kamu untuk mengantarkan produk ke rumah. Kalau hanya pesan satu tabung juga pasti diantar, kok.

Tips Aman Memasang Gas

Nah, ini tips yang sangat membukakan mata saya. Kalau saya tahu cara aman memasang gas, saya tak perlu lagi mengandalkan suami untuk urusan pemasangan tabung gas.

Setelah mengecek bahwa produk Bright Gas yang kamu terima memang asli, yuk mulai gunakan produknya untuk memasak. Pastikan dulu sirkulasi udara di dapur dan di rumah terbuka semua untuk mencegah udara pengap.

Kemudian, matikan sumber api. Jangan sampai tombol di kompor terbuka atau dalam kondisi menyala. Korek atau sumber api lainnya juga dijauhkan dari tabung gas sebelum dipasang, ya.

Pertama-tama, lepas segel tabung Bright Gas. Cium dulu, deh, apakah ada bau gas. Kalau memang ada bau gas, tak perlu panik. Pastikan lagi sirkulasi udara di dapur aman dan tidak ada yang bisa memicu api di sekitar tabung.

Kalau tidak ada bau gas, tabung aman untuk dipasang. Kemudian, pasang regulator pada katup tabung. Putar knop regulator sampai terdengar bunyi klik. Supaya tidak terjadi kebocoran, pastikan kedua klem kompor dan regulator terpasang dengan kencang. Kamu berhak menukar tabung gas bila api tidak menyala setelah tabung dipasang, loh.

Saya sudah paham teorinya, nih. Jadi gak sabar gas di rumah habis sehingga saya bisa beralih ke tabung gas berwarna pink yang bersih dan estetis dari Bright Gas!