Masa hamil merupakan salah satu masa yang menyenangkan dan membahagiakan bagi saya. Bersyukur karena saya merasa menjalani proses kehamilan yang “mudah”. Saya tidak mengenal morning sickness atau “ngidam” yang merepotkan.

Bahkan dari segi fisik, saya tidak mengalami begitu banyak perubahan. Saya baru terlihat hamil ketika usia janin lima bulan. Itu juga masih banyak yang tidak menyangka saya sedang hamil karena saya tampak beraktivitas seperti biasa. Kulit saya pun rasa-rasanya lebih glowing.

Namun tentu saja, saya membatasi diri dalam menjalani perawatan muka dan rambut. Apalagi saya sering sekali mendengar peringatan bahwa ibu hamil dilarang menggunakan produk berbahan A sampai Z. Ketika ke salon pun, treatment yang saya pilih benar-benar standar karena saya tidak mau mengambil risiko.

Waktu itu saya belum tahu bahwa ada klinik kesehatan dan kecantikan yang mengerti problema perempuan menikah seperti saya: Klinik Sakti Medika. Bagi perempuan yang sedang hamil atau menyusui, jangan takut menjalani treatment kecantikan, ya. Silakan datang ke Klinik Sakti Medika.

Klinik dengan desain elegan dan didominasi dinding warna putih ini terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Saya diundang untuk turut merayakan ulang tahun Klinik Sakti Medika ke-23 bersama dengan Mom Blogger Community.

Dua puluh tiga tahun lalu, tepatnya 18 Desember 1996, klinik ini berdiri di salah satu sudut wilayah Tebet. Sakti Medika sempat menjadi klinik yang menyediakan pelayanan bak rumahsakit dengan berbagai dokter spesialis.

Namun, pada tahun 2017, Sakti Medika beralih memegang konsep one stop health and beauty solution dengan fokus perawatan kesehatan dan kecantikan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pasien atau customer yang dilayaninya mulai bayi baru lahir sampai lansia. Tidak hanya perempuan, tapi laki-laki juga bisa menikmati pelayanan di klinik ini.

Sekarang, Klinik Sakti Medika didukung oleh sebelas dokter, yang terdiri dari delapan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpK), dua dokter spesialis akupuntur (Sp.Ak,) dan satu dokter umum. Selain konsultasi penyakit, pasien juga bisa datang untuk pelayanan kecantikan, seperti facial, salon dan spa. Semua solusi sehat dan cantik di klinik ini dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Pada perayaan ulang tahun Klinik Sakti Medika, hadir Founder Klinik Sakti Media, Dr. Tina Wardhani Wisesa, Direktur Marketing Klinik Sakti Medika, Elvira Megasari Saragih, serta dr. Hety, sebagai spesialis akupuntur.

Elvira menjelaskan berbagai layanan di Klinik Sakti Medika dan mengatakan bahwa untuk urusan facial dan akupuntur, Sakti Medika dilengkapi teknologi mutakhir. Bahkan, remaja mulai usia 10 tahun sudah bisa merasakan perawatan facial di klinik ini.

Setelah itu, kedua dokter menjelaskan berbagai problem yang biasanya dihadapi perempuan yang sudah menikah, mulai dari mempersiapkan kehamilan, semasa hamil, sampai setelah melahirkan. Misalnya saja perubahan kulit saat hamil seperti jerawat, kulit gatal, stretch mark, selulit, dan varises. Menurut dr. Tina, hal itu tidak boleh dibiarkan karena meskpun perubahan terjadi karena hormon kehamilan, dampaknya bisa berlanjut setelah melahirkan. “Perempuan berhak memiliki kulit sehat dan cantik dalam berbagai kondisi yang dijalani, termasuk saat hamil dan menyusui,” ujar dr. Tina.

Sementara dr. Hety memaparkan bahwa terapi akupuntur punya khasiat yang sangat baik untuk membantu perempuan hamil dan menyusui untuk tampil lebih sehat dan cantik. Saya bahkan baru tahu, akupuntur bisa jadi solusi untuk baby blues. “Akupuntur bekerja memperbaiki keseimbangan hormon dan meningkatkan aliran darah di rahim sehingga perempuan bisa lebih nyaman saat hamil dan setelah melahirkan,” tutur dr. Hety.

Hmm.. Coba kalau saya tahu Klinik Sakti Medika saat saya mempersiapkan kehamilan. Pasti masa kehamilan dan post-partum jadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan berbagai perawatan yang ditawarkan klinik ini.