Banyak cara yang baik dilakukan untuk hidup sehat. Salah satunya dengan menghidangkan makanan alias masak sendiri untuk keluarga.

Tentu karena untuk diri sendiri dan keluarga, standar yang ditetapkan tinggi. Jadi, bahan makanan diseleksi sehingga hanya mengolah bahan yang bermutu. Begitu pula dengan alat masak yang digunakan.

Salah satu alat masak penting yang pasti digunakan (hampir) setiap hari adalah penanak nasi alias rice cooker. Sudah tahu dong, ya, brand tersohor untuk produk penanak nasi ini.

Ya, sejak zaman saya masih kecil, di rumah kami, untuk urusan beras, pasti menggunakan Cosmos. Baik tempat penyimpanan beras sampai penanak nasi. Bedanya, dulu, model dan teknologi tidak secanggih sekarang.

Dulu tuh, rice cooker cuma bisa memasak nasi tok. Sekarang, rice cooker bisa digunakan untuk berbagai keperluan memasak, seperti mengukus sayur, membuat sop, dan lainnya.

Sebagai keluarga kecil, konsumsi nasi kami setiap hari tidak banyak. Apalagi suami tidak makan di rumah untuk makan siang. Jadi, kami memang tidak butuh rice cooker yang ukurannya besar.

Pilihan saya jatuh pada Cosmos Jar Warmer Cooker CRJ-6601 dengan ukuran 0,8 liter. Bentuknya unik sekali. Penanak nasi ini dibuat seperti karakter angry bird.

Rice cooker ini punya fungsi yang umum, yakni untuk memasak, mengukus, dan menghangatkan. Sama seperti rice cooker lain, ketika beli rice cooker ini, saya juga mendapatkan gelas ukur dan sendok nasi. Konsumsi dayanya 300 watt. Walaupun ukurannya kecil, dalam sekali masak, saya bisa menyajikan lima sampai enam porsi makanan.

Kalau lihat di toko atau browsing di situs belanja online, ada dua varian warna yang ditawarkan Cosmos, yakni warna putih dan hitam. Punya saya yang warna hitam.

Ada fitur open matic pada tutup bagian atas. Jadi, mudah sekali untuk membuka dan menutup rice cooker. Tinggal tekan. Bocah juga bisa.

Produk Cosmos ini bisa dibeli di toko elektronik terdekat atau supermarket terdekat. Kalau doyan belanja online, Cosmos Harmond dijual secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Blibli (cari Cosmos Official Store).

Selain bentuknya, yang bikin rice cooker Cosmos ini unggul ialah teknologi Harmond yang digunakan dalam pembuatan. Dengan teknologi tersebut, inner pan atau panci rice cooker anti-gores dan tidak mengelupas. Saya sendiri sudah buktikan ini, loh.

Simak deh video ini. Saya gosok berkali-kali dengan sikat besi, tidak masalah. Sama sekali tidak ada bekas goresan. Boro-boro mengelupas. Sungguh sebuah kecanggihan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Akhirnya, ada rice cooker sehat yang peduli pada kualitas hasil memasak nasi.

Pasalnya nih, kebanyakan rice cooker masih menggunakan panci anti-lengket yang biasa disebut non-stick pan. Nah, si lapisan anti-lengket itu tidak tahan lama. Perlahan-lahan akan mengelupas. Dan kalau sudah terkelupas, makanan yang dimasak di situ bukannya bermanfaat bagi tubuh, malah berbahaya.

Dari beberapa referensi yang saya baca, lapisan anti-lengket mengandung bahan kimia yang bersifat karsinogen, yakni dapat menimbulkan penyakit kanker. Jadi, nasi bisa terkontaminasi bahan kimia yang beresiko menimbulkan kanker. Serem gak sih menggunakan alat masak yang begitu berbahaya?

Harmond Technology


Teknologi Harmond yang digunakan dalam pembuatan rice cooker Cosmos ini ajaib, ya. Rice cooker lain kalau disikat pakai besi pasti tergores. Beda banget dengan penanak nasi anti-gores ini.

Soalnya, tiap panci yang dibuat dengan teknologi Harmond telah melewati proses panjang. Panci rice cooker diproses dengam teknologi khusus lalu didinginkan dengan temperatur mendekati 0°. Hasilnya ya panci atau inner pan yang aman dari goresan dan pengelupasan.

Lalu, manfaatnya untuk tubuh apa? Sudah jelas, lapisan rice cooker tidak akan mengelupas. So, nasi yang dimasak dengan menggunakan rice cooker ini tidak beresiko menimbulkan penyakit berbahaya. Dengan kata lain, rice cooker ini jaga nasi sehat. Sebagai ibu dan istri, saya jadi merasa tenang dalam menyajikan makanam untuk keluarga.

Oh iya, saya punya tips nih, untuk masak nasi untuk menjaga nasi sehat:
✨ Setelah nasi matang, jangan langsung diaduk, ya. Tunggu sampai setidaknya lima menit. Tujuannya untuk mempermudah proses penguapan air, dengan mengeluarkan air yang masih terperangkap dalam butiran nasi. Hasilnya nasi jadi tidak cepat basi, tidak kering, dan tahan lama.
Ingat, ya, aduk nasi 5 menit setelah matang! *catet*

✨ Rice cooker tidak boleh dicolok terus-terusan selama 24 jam. Kalau dicolok atau dipanaskan terus, nasi jadi cepat kering dan cepat basi. Nutrisi pada nasi juga jadi berkurang drastis bahkan hilang. Lagian, kalau dicolok terus, tagihan listrik bisa bengkak, dong.

Kelebihan lainnya yang tidak kalah penting ialah rice cooker ini awet alias tahan lama. Ya iya, dong. Rice cooker saya yang sebelumnya, baru beberapa bulan digunakan sudah menunjukkan pengelupasan pada lapisan panci. Otomatis, harus diganti. Padahal, setahun juga belum.

Beda dengan rice cooker Harmond dari Cosmos. Lapisannya tidak akan mengelupas. Jadi bakalan awet. Mungkin sampai bocah masuk sekolah, saya masih menggunakan rice cooker ini.  Anggaplah, rice cooker ini sebagai investasi. Daripada uang habis untuk gonta-ganti rice cooker, mending beli Cosmos Harmond.Eits, rice cooker canggih tidak lengkap tanpa wadah penyimpan beras yang aman. Saya pilih pundi beras Cosmos untuk menyimpan beras.

Warnanya kece banget deh. Motifnya juga tidak norak. Masih cocok dengan tema dapur saya yang minimalis bersih.

Pundi beras dengan kode seperti James Bond alias 007 ini bisa menampung tujuh kilogram beras.

Kenapa harus simpan beras di pundi ini? Tentu saja supaya beras aman dari kotoran, bebas kutu dan bebas karat.

Sistemnya seperti penyimpanan ASIP: first in first out (FIFO). Jadi beras yang disimpan di awal, itu yang duluan keluar ketika ambil beras dari pundi. Kualitas beras terjaga ketika dimasak.

Penggunaannya pun mudah. Tinggal tarik. Di wadah bagian bawah langsung tersedia 130 gram beras siap dicuci lalu dimasak. Ada teknologi anti-slip juga yang bikin wadah tidak lengket dan tidak mudah bergeser.

Kalau mau tahu lebih detail tentang rice cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 dan Pundi 007, kamu boleh, loh, mampir ke website Cosmos www.cosmos.id. Selain mengetahui produk-produk Cosmos, di situs itu juga kamu akan menemukan banyak resep untuk inspirasi menu masakan dan banyak tips yang bermanfaat.

So far, saya puas banget dengan kedua produk dari Cosmos ini. Benar yah, ingat beras, ingat Cosmos!