Sampai juga hari ke-lima alias hari terakhir liburan keluarga kami di Thailand. Dan saya sebenarnya masih belum puas jalan-jalan di Bangkok.

Suasana kota ini mirip sekali dengan Jakarta dengan keramaian penduduk dan kemacetan jalanannya, serta mal besar di berbagai sudut kota. Hanya saja, Bangkok relatif lebih bersih, lebih tertib, dan lebih banyak turis dibandingkan Jakarta.

Belanja sudah. Main ke candi sudah. Menikmati malam di Asiatique juga sudah. Enaknya ngapain ya hari ini?

Kami sudah beli tiket untuk mengunjungi Sea Life Bangkok Ocean World dan museum Madame Tussauds sebelum berangkat ke sini. Tepatnya beli online.

Tadinya saya tidak mau ke museum Madame Tussauds karena saya tidak terlalu suka museum dan sebenarnya sudah bisa membayangkan tempat ini seperti apa sebelum mengunjunginya. Tapi, ketika beli tiket masuk Sea Life, ada paket yang sekaligus tiket masuk museum patung lilin tersebut dengan harga yang nyaman di kantong. Jadi, kami beli paket tersebut.

Pagi-pagi sekali, setelah sarapan dan mandi, kami ke Big C terdekat. Big C merupakan supermarket yang bisa dijadikan tempat untuk membeli oleh-oleh berupa produk makanan khas Thailand. Camilan gitu, sih. Suami beli untuk teman-teman di kantor. Saya beli untuk camilan di rumah. 😂

Sea Life Bangkok Ocean World

Akuarium raksasa ini berada di dalam mal Siam Paragon. Nah, kalau lihat peta, mal ini cukup dekat dengan hotel kami. Kalau naik angkutan malah mungkin akan lama karena jalanan yang macet. Jadi kami putuskan berjalan.

Jaraknya kalau jalan sih terasa jauh karena sambil gendong anak 10 kg. Tapi karena rute menuju Siam Paragon itu melewati beberapa mal, jadi adem-adem saja.

Kami sampai pukul 10 dan langsung menuju lantai paling bawah, tempat Sea Life berada. Saya pikir tempat ini tidak akan terlalu ramai karena hari Senin. Saya salah besar. Begitu sampai, antrian sudah mengular. Sambil menunggu suami menukarkan tiket online di counter, saya dan bocah foto-foto saja.

Setelah menunggu sekitar 20 menit, kami masuk dan langsung disambut photo booth yang tentu saja hasilnya tidak kami ambil. Hahaha.

Saya sudah lama sekali tidak ke Sea World di Ancol dan belum pernah ke Jakarta Aquarium di Neo Soho, jadi senang akhirnya melihat dunia bawah laut dalam akuarium raksasa. Sea Life Bangkok punya koleksi hewan laut yang menakjubkan. Saya paling suka dengan pinguin yang jumlahnya cukup banyak dan bisa dilihat dari berbagai sisi. Bahkan, di jam tertentu pengunjung bisa menyaksikan pinguin-pinguin menggemaskan itu diberi makan ikan. Lucu!

Sayangnya, saat berada di Sea Life bertepatan dengan jam ngantuk si bocah. Jadinya dia tidak begitu mood bahkan sudah tertidur ketika kami mengakhiri kunjungan di Sea Life. Salah satu tantangan membawa bocah liburan memang begini, memastikan tidurnya cukup. Padahal, dalam perjalanan menuju Sea Life, bocah sempat tertidur di gendongan. Tapi mungkin karena lelah berhari-hari diajak plesiran, dia butuh waktu tidur lebih lama. Tidak apa-apa, Nak, mungkin itu pertanda kita harus kembali lagi ke tempat ini. 😂

Museum Madame Tussauds

Dari Siam Paragon, kami menuju mal berikutnya, Siam Discovery yang masih berada di satu kawasan. Sebagai pecinta mal, saya senang sekali karena tempat wisata terdapat di dalam mal. Siam Discovery ini mal yang sangat artistik dan terlihat sangat elegant. Saya rada menyesal karena tidak sempat mengeksplorasi mal ini.

Bocah masih tidur saat kami sampai di museum Madame Tussauds. Jadi, saya minta suami ambil foto saya bersama tokoh-tokoh dunia yang patungnya dibuat di sini. Patung dibuat dengan cukup detil, rasanya hampir seperti bertemu tokoh yang asli.

Setelah puas berfoto, kami kembali ke hotel untuk Bersiap pulang ke tanah air. Rasanya sih tidak rela liburan usai. Tapi kantong menipis dan cuti suami sudah habis.

Jadi, sampai bertemu di kisah liburan berikutnya, ya! *dadahdadah*